Aduuhh…Anakku Senang Main Game….

Merajalelanya game yang dengan mudah dimainkan baik itu lewat handphone, smartphone, tablet, PC dan berbagai gadget lainnya telah mempengaruhi keseharian kegiatan anak-anak kita. Gimana ngga? Smartphone menyediakan banyak game mulai dari yang berbayar hingga gratis. Benar-benar memanjakan penggemar games nih…

Sebenarnya ngga ada yang salah sih dengan bermain game. Beberapa games malah sebenarnya ada yang memancing kreativitas anak. Pemilihan games memang harus diawasi orangtua. Salah-salah yang dimainkan adalah games yang tidak sesuai dengan usia si anak.

Untuk si kecil yang masih duduk di TK ada puzzle, mewarnai, bisa dilihat contohnya di kaboose.com atau untuk yang mulai beranjak remaja ada bulid your city game dll. Yang sering menjadi masalah adalah pengaturan waktu. Nah… hal semacam inilah yang harus jadi perhatian orangtua. Sebagian anak ada yang belum tahu kapan dia harus bermain, kapan dia harus belajar. Peran orangtua disini sangat penting. Salah-salah sepulang sekolah si anak akan bermain games terus.

Yang tak kalah penting juga pemilihan permainan. Bermain game memang mengasyikkan tapi banyak permainan lain yang tak kalah menarik. Bersepeda, main bola, main monopoli, ular tangga (bukan virtual) jangan dilupakkan. Asah keterampilan anak dengan kegiatan lainnya. Lagi-lagi peran orangtua disini diperlukan. Selamat bermain!

Leave a Reply